Bahan Kajian | - Pembentukan tim
- Pengenalan kegiatan lapangan dan Induksi HSE
- Manajemen Ekspedisi dan Peralatan Pembekalan
- Keamanan Perjalanan
- Wawasan Lingkungan, dan Kesehatan Fisik (P3K)
- Penggunaan peta dan alat bantu navigasi
- Survival dan tali temali
- Kegiatan ekpsedisi geospasial
| - Team formation
- Introduction to field activities and HSE Induction
- Expedition and Equipment Management Debriefing
- Travel Safety
- Environmental Insight, and Physical Health (First Aid)
- Use of maps and navigation aids
- Survival and rigging
- Geospatial expedition activities
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam pembentukan tim dan bagaimana menjaga tim agar tetap solid.
- Mampu menjelaskan pengertian HSE, cara mengidentifikasi resiko dan cara memimalisasi risiko.
- Mampu menjelaskan definisi ekspedisi dan manajemen ekspedisi, jenis-jenis ekspedisi, hal-hal yang harus diperhatikan dan dipmampu menjelaskan definisi ekspedisi dan manajemen ekspedisi, jenis-jenis ekspedisi, hal-hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam suatu ekspedisi, dan peralatan dalam ekspedisi.
- Mampu merancang berdasarkan ekspedisi dengan aman dan teknik menjaga kebugaran sebelum, pada saat, dan setelah berekspedisi.
- Mampu mendeskripsikan definisi peta, jenis-jenis peta, objek-objek pada peta, cara membuat kontur.
- Mampu menerapkan teknik bernavigasi konvensional menggunakan kompas.
- Mampu menerapkan navigasi di kampus dengan menggunakan peta dan kompas.
- Mampu menerapkan cara bertahan hidup di alam terbuka dan teknik-teknik dalam tali temali, dan melakukan beberapa teknik tali temali.
- Mampu membentuk tim dan menjaga kekompakan tim nya selama di alam terbuka.
- Mampu mengisi tabel HSE untuk hidup di alam terbuka.
- Mampu menyiapkan rencana perjalanan ekspedisi dan perbekalan selama hidup di alam terbuka.
- Mampu melakukan persiapan jasmani dan menjaga ekspedisi agar tetap aman.
- Mampu melakukan navigasi dengan menggunakan peta dan kompas di alam terbuka.
| - Able to explain what factors must be considered in team building and how to keep the team solid.
- Able to explain the meaning of HSE, how to identify risks and how to manage them minimize risk.
- Able to explain the definition of expedition and expedition management, types of expeditions, things that must be considered and prepared in an expedition, and equipment in the expedition.
- Able to design based on safe expedition and safeguarding techniques fitness before, during and after an expedition.
- Able to describe the definition of maps, types of maps, objects on the map, how to create contours.
- Able to apply conventional navigational techniques using a compass.
- Able to apply navigation on campus using maps and compasses.
- Able to apply outdoor survival methods and techniques in rigging, and performing some rigging techniques.
- Able to form a team and maintain its team cohesiveness while in the outdoors.
- Able to fill in the HSE table for outdoor living.
- Able to prepare an expedition itinerary and supplies for life on the ground, the outdoors.
- Able to make physical preparations and keep the expedition safe.
- Able to navigate using a map and compass in nature open.
|
---|