Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - mengkaji dan menjelaskan fenomena perubahan suatu besaran, melalui berbagai strategi, dengan menggunakan konsep-konsep dasar kalkulus peubah banyak, khususnya turunan (konsep tingkat perubahan) dan integral (konsep akumulasi perubahan), serta hampiran oleh polinom.
- menggunakan teorema-teorema dalam kalkulus untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam rekayasa
- menyusun rangkaian argumen matematika, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika.
- menggunakan matematika beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam sains dan rekayasa, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
| - Examine and explain the phenomenon of change in a quantity, through various strategies, using the basic concepts of calculus of many variables, especially the derivative (the concept of rate of change) and integral (the concept of accumulation of change), as well as approximation by polynomials.
- Use theorems in calculus to explain some real phenomena in engineering.
- Constructing a series of mathematical arguments, in arguing to convince others, orally or in various presentations such as diagrams, tables, graphs, or writing, in one's own language including interpretation in the context of mathematics and outside mathematics.
- Use mathematics and the use of technology as tools (where appropriate), to analyse and solve problems, both in the real world and in science and engineering, to develop positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, etc.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif | A combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning |
---|