Kode Mata Kuliah | KL3201 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 155 - Teknik Kelautan / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metode Eksperimen Laboratorium | Laboratory Experimental Methods |
---|
Bahan Kajian | - Pengenalan Model Fisik
- Analisis Dimensi dan Penskalaan
- Model Fisik Hidrodinamika
- Alat-alat Laboratorium
- Model Fisik 2D dan 3D
- Model Sedimen
| - Introduction to Physical Models
- Dimensional Analysis and Scaling
- Hydrodynamic Physical Models
- Laboratory Instruments
- 2D and 3D Physical Models
- Sediment Models
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengembangkan dan melakukan eksperimen berdasarkan analisis dimensi dan prinsip-prinsip perumpamaan serta mengkomunikasikan kesimpulannya secara efektif dalam laporan dan presentasi.
- Mampu melakukan eksperimen berdasarkan teori bangkitan gelombang, menganalisis dan menginterpretasikan datanya, dan/ataumengkomunikasikan kesimpulannya secara efektif dalam laporan dan presentasi.
- Mampu untuk menerapkan hasil analisis model fisik sebagai penilaian rekayasa untuk menghasilkan solusi di rekayasa pantai / lepas pantai dengan mempertimbangkan segala aspek kelebihan dan kekuranga dari setiap model tersebut (distorsi skala, keterbatasan dan ketersediaan bahan dll).
| - Capable of developing and conducting experiments based on dimensional analysis and similarity principles and effectively communicating the conclusions in reports and presentations.
- Capable of conducting experiments based on wave generation theory, analyzing and interpreting the data, and/or effectively communicating the conclusions in reports and presentations.
- Capable of applying the results of physical model analysis as an engineering assessment to produce solutions in coastal/offshore engineering by considering all aspects of the advantages and disadvantages of each model (scale distortion, material limitations, and availability, etc.).
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah | Lecture |
---|
Modalitas Pembelajaran | Segi penyerapan: visual dan auditorial
Segi pelaksanaan: sinkronus | In terms of absorption: visual and auditory
In terms of implementation: synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas, Kuis, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir, Praktikum, dan Diskusi Kelas. | Assignments, Quizzes, Midterm Exam, Final Exam, Practicum, and Class Discussions. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|