Bahan Kajian | - Pengantar penceritaan berbasis visual dan media berbasis waktu
- Tata ungkap dan Gramatika Visual dalam Visual Storytelling
- Menyusun narasi berbasis visual tanpa teks
- Prinsip dasar visual storytelling
- Storyboard dan Proses Storyboarding untuk linear storytelling
- Menyusun narasi berbasis visual dengan konteks tertentu
| - Introduction to visual storytelling and time-based media
- Expression and Visual Grammar in Visual Storytelling
- Creating a visual-based narrative without text
- Basic principles of visual storytelling
- Storyboard and Storyboarding Process for linear storytelling
- Creating a visual-based narrative with a specific context
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - 1. Mampu memahami pengetahuan dan wawasan umum tentang ilustrasi untuk komunikasi naratif yang mencakup: definisi, fungsi dan aplikasi, pertimbangan target sasaran/audiens serta pemilihan media sesuai konteks kebutuhan ilustrasi.
- 2. Mampu memahami pengetahuan dan wawasan umum tentang ilustrasi informasi, ilustrasi persuasi, ilustrasi editorial dan ilustrasi naratif.
- 3. Mampu memanfaatkan media dan teknologi berkembang seperti digital media dan mix media dalam perancangan ilustrasi.
- 4. Mampu mengimplementasikan unsur lokal, tradisi dan budaya dalam karya ilustrasi sesuai dengan konteks.
- 5. Mampu menampilkan hasil karya ilustrasi dalam satu wujud presentasi yang lengkap sebagai suatu portofolio karya.
- 6. Mampu menerapkan prinsip dasar perancangan ilustrasi dalam menyampaikan pesan kepada target sasaran yang dituju.
- 7. Mampu menganalisis data riset empirik terkait media, topik permasalahan dan khalayak sasaran sebagai dasar perancangan dalam wujud ilustrasi.
| - 1. Able to understand general knowledge and insights about illustration for narrative communication, including: definitions, functions and applications, target audience considerations, and media selection according to the context of illustration needs.
- 2. Able to understand general knowledge and insights about informational illustration, persuasive illustration, editorial illustration, and narrative illustration.
- 3. Able to utilize evolving media and technology such as digital media and mixed media in illustration design.
- 4. Able to implement local elements, traditions, and culture in illustration works according to context.
- 5. Able to present illustration works in a complete presentation as a portfolio of works.
- 6. Able to apply basic principles of illustration design in conveying messages to the intended target audience.
- 7. Able to analyze empirical research data related to media, issues, and target audiences as a basis for design in the form of illustrations.
|
---|