Kode Mata KuliahDK3105 / 3 SKS
Penyelenggara174 - Desain Komunikasi Visual / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenceritaan Berbasis DigitalDigital Storytelling
Bahan Kajian
  1. Pengantar Digital Storytelling: Pengertian, sejarah dan perkembangan teknologi digital dalam komunikasi visual
  2. Ragam interaktivitas dalam media
  3. Interaktivitas dan pengalaman Audiens
  4. Struktur dalam media interaktif
  5. Prinsip-prinsip digital storytelling
  6. Storyboard dan Proses Storyboarding untuk interactive storytelling
  7. Menyusun narasi dengan interaktivitas tentang konteks/tema tertentu
  1. Introduction to Digital Storytelling: Definition, history and development of digital technology in visual communication
  2. Variety of interactivity in media
  3. Interactivity and Audience experience
  4. Structure in interactive media
  5. Principles of digital storytelling
  6. Storyboards and the Storyboarding Process for interactive storytelling
  7. Composing narratives with interactivity about certain contexts/themes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. 1. Mampu memanfaatkan media dan teknologi berkembang seperti digital media dan mix media dalam perancangan narasi interaktif berbasis visual.
  2. 2. Memiliki wawasan dan pengetahuan terkait perkembangan teknologi digital dan media interaktif.
  3. 3. Mampu merancang narasi dengan interactive storytelling melalui proyek sederhana.
  4. 4. Mampu melakukan pembagian tugas yang berimbang dalam proses perancangan narasi interaktif melalui kolaborasi kelompok.
  5. 5. Mampu menyelesaikan satu proyek perancangan narasi berbasis visual interaktif secara komprehensif.
  1. 1. Able to utilize evolving media and technology such as digital media and mixed media in designing visual-based interactive narratives.
  2. 2. Possess insights and knowledge related to the development of digital technology and interactive media.
  3. 3. Able to design narratives with interactive storytelling through simple projects.
  4. 4. Able to perform balanced task division in the process of designing interactive narratives through group collaboration.
  5. 5. Able to complete a comprehensive project on visual-based interactive narrative design.
Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Tamu Diskusi Studi Kasus
Modalitas Pembelajaranhybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS:10% , UAS:10% , Tugas Praktika:75% , Keaktifan: 5%
Catatan Tambahan