Kode Mata Kuliah | BI4205 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 106 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Etnobotani | Etnobotany |
---|
Bahan Kajian | - Etnobotani: Pengertian, sejarah dan perkembangannya, etnobotani dalam ilmu biologi, peran etnobotani dalam kehidupan manusia, keberlanjutan ethnobotany dalam perspektif modern
- Dasar-dasar pengetahuan penunjang etnobotani: Struktur & fungsi tumbuhan dan aplikasinya untuk mempelajari Etnobotani; Metode analisis fitokimia untuk menghasilkan metabolit sekunder
- Pengetahuan botani tradisional: Pengenalan tumbuhan hasil didomestikasi, pertanian tradisional, obat, dan kesehatan; Tumbuhan untuk berbagai keperluan penting: bangunan, konstruksi, dan serat; Tumbuhan untuk berbagai keperluan penting lainnya: kosmetik, pewarna, dan lain-lain
- Interaksi manusia dengan tumbuhan (hutan): susbsisten - komersialisasi; tradisional - modern, domestikasi; etnobotani dalam konteks perkotaan
- Konservasi dan Isu-isu lingkungan yang berkembang; Etika dalam etnobotani; paten HKI; bioprospeksi dan biopiracy; isu-isu keberlanjutan; dsb
| - Ethnobotany: Definition, history and development, ethnobotany in biological science, the role of ethnobotany in human life, the sustainability of ethnobotany in a modern perspective
- Traditional botanical knowledge: Introduction to domesticated plants, traditional agriculture, medicine, and health; Plants for various important purposes: building, construction, and fiber; Plants for various other important purposes: cosmetics, dyes, etc.
- The basics of knowledge supporting ethnobotany: Plant structure & function and its application to study Ethnobotany; Phytochemical analysis methods to produce secondary metabolites.
- Human interaction with plants (forest): subsistence - commercialization; traditional - modern, domestication; ethnobotany in the context of urban lives
- Conservation and emerging environmental issues; Ethics in ethnobotany; patents, IPR; bioprospecting and biopiracy, sustainability, etc.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu melaksanakan kegiatan kerja dalam praktik atau kerja lapangan berdasarkan keahlian dan metodologi dalam kaitannya dengan studi etnobotani. (CPL 02)
- Mampu mengembangkan dan menunjukkan apresiasi terhadap pentingnya keanekaragaman dan sumber daya hayati melalui penguatan database jenis-jenis tumbuhan yang memiliki nilai etnobotani. (CPL 06)
- Mampu menunjukkan pengetahuan tentang etika, keselamatan, dan isu- isu lingkungan dalam kaitannya dengan etnobotani dalam mendukung upaya konservasi keanekaragaman hayati. (CPL 09)
- Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar tentang etnobotani untuk mendukung pengelolaan sumber daya hayati dari sistem kehidupan. (CPL 11)
| - Able to carry out work activities in practice or field work based on expertise and methodology in relation to ethnobotanical studies
- Able to develop and show appreciation for the importance of biodiversity and biological resources through strengthening the database of plant species that have ethnobotanical value.
- Able to demonstrate knowledge of ethics, safety, and environmental issues in relation to ethnobotany in supporting biodiversity conservation efforts.
- Able to demonstrate basic knowledge of ethnobotany to support the management of biological resources from living systems.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | Classroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman | Modalitas Pembelajaran
Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman
Absorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Implementation power: Synchronous and Asynchronous
Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|