Kode Mata Kuliah | DP3004 / 5 SKS |
---|
Penyelenggara | 175 - Desain Produk / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Desain Produk IV | Industrial Design IV |
---|
Bahan Kajian | - Pengenalan Riset Desain Produk
- Aspek Sosial dalam Desain Produk Masa Depan
- Kolaborasi Antar Disiplin dalam Pengembangan Produk
- Pendekatan Desain Berfokus pada Sistem Manufaktur dan Produksi Massal
- Pengembangan Desain Produk Berbasis Inovasi Teknologi
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menguraikan pengertian dan dimensi riset dan pengembangan desain produk dengan baik (Dimensi 2.1 Describe)
- Mampu menginterpretasi berbagai sumber rujukan berkenaan dengan kajian riset dan pengembangan desain produk dengan baik (Dimensi 2.2 Interpret)
- Mampu menerapkan berbagai metode kajian obyek desain berbasis pendekatan riset dan pengembangan desain produk secara sistematis (Dimensi 2.3 Experiment)
- Mampu menjelaskan peran riset dan pengembangan desain produk dalam interaksi manusia dengan obyek desain dengan baik (Dimensi 2.4 Explain)
- Mampu menyampaikan hasil kajian obyek desain menggunakan media visual dengan baik (Dimensi 2.4 Explain)
- Mampu mengkaji dan menyesuaikan penyampaian gagasan, konsep, dan/atau hasil kajian obyek desain secara verbal dengan baik (Dimensi 2.5 Assess)
- Mampu menyusun hasil kajian riset dan pengembangan desain produk secara tertulis dengan struktur kalimat yang baik dan mudah dipahami (Dimensi 2.6 Plan)
- Mampu melaksanakan proses diskusi dalam kelompok secara mandiri (Dimensi 2.5 Assess)
- Mampu merencanakan dan menjalankan tugas kelompok bersama-sama secara bertanggung jawab (Dimensi 2.6 Plan)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | (1) Penyampaian Topik: Dosen memberikan materi secara lisan dengan bantuan slide presentasi untuk memperkenalkan konsep dasar dan topik yang relevan.
(2) Diskusi: Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan topik tertentu, bertukar pandangan, dan menyampaikan hasil diskusi.
(3) Asistensi: Dosen memberikan bimbingan dan asistensi secara langsung kepada mahasiswa terkait proyek yang sedang dikerjakan.
(4) Presentasi Proyek: Mahasiswa mempresentasikan hasil tugas atau proyek yang telah mereka kerjakan di depan kelas. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi.
Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning. | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | (1) Kehadiran: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%).
(2) Tugas Kelompok: Penilaian berdasarkan kontribusi, kerjasama, dan hasil akhir proyek kelompok (20%).
(3) Tugas Individu: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (20%).
(4) Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (20%).
(5) Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (30%). | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|