Kode Mata KuliahDP3133 / 3 SKS
Penyelenggara175 - Desain Produk / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStrategi DesainDesign Strategy
Bahan Kajian
  1. Understanding the Fundamentals: Design Strategy, Creative Management and Human-Centered Design
  2. SD Sprint: Brand & Service Design, Foresight, and Strategic Planning: (a) Defining product and service (b) Understanding brand and marketing strategy (c) Exploring competitive edge through IPR (d) Identifying strategic planning
  3. Strategic Thinking and Practice in Design: (a) Aligning design strategy with business goal (b) Identifying and addressing user needs (c) Analyzing trends and competitive strategies (d) Developing unique value propositions Evaluating the impact of design strategies
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa dapat mengembangkan rancangan strategi pengembangan desain yang relevan dan inovatif, baik dalam bentuk produk, sistem, layanan atau pengalaman: 1.1. Mampu menguraikan permasalahan kebutuhan pengguna menggunakan pendekatan strategi desain (dimensi 2.1 describe) 1.2. Mampu mendefinisikan konteks permasalahan kebutuhan pengguna secara stratejik (dimensi 2.2 interpret) 1.3. Mampu melakukan studi eksperimentatif terhadap aktivitas dan perilaku pengguna secara sistematis (dimensi 2.3 experiment) 1.4. Mampu mengkaji solusi desain berdasarkan hasil kajian stratejik atas aktivitas dan perilaku pengguna (dimensi 2.5 assess)
    2. Mahasiswa dapat menyusun dan menyajikan informasi kajian stratejik pengembangan produk dan/atau layanan dalam bentuk tulisan (textual), lisan (verbal), dan visual: 2.1. Mampu menyampaikan informasi hasil kajian stratejik desain secara tertulis (textual) dengan baik (dimensi 2.4 explain) 2.2. Mampu menyampaikan argumen dan jawaban lisan atas pertanyaan dengan baik (dimensi 2.4 explain) 2.3. Mampu menyajikan proses dan hasil pengembangan solusi desain stratejik dikerjakannya menggunakan media visual dengan baik (dimensi 2.4 explain)
    3. Mahasiswa dapat bekerja bersama-sama dalam kelompok untuk mengembangkan rancangan desain produk dan/atau layanan stratejik secara mandiri dan bertanggungjawab (dimensi 2.6 plan)
      Metode Pembelajaran50% Pembelajaran kelas (classroom) dan 50% Pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) berbasis kasus (case-based)
      Modalitas Pembelajaran50% luring dan 50% bauran/hybrid
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianKehadiran. 5% Partisipasi. 5% Tugas (1 buah) 40% Ujian Tengah Semester. 20% Ujian Akhir Semester 30%
      Catatan Tambahan