Kode Mata Kuliah | DP3222 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 175 - Desain Produk / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Berpikir Desain dan Inovasi I | Design Thinking and Innovation I |
---|
Bahan Kajian | - Kelley, Tom, Creative Confidence: Unleashing the Creative Potential Within Us All, Crown Business, 2013
- Berger, Warren, CAD Monkeys, Dinosaur Babies and T-Shaped People: Inside the World of Design Thinking and How It Can Spark Creativity and Innovation, Penguin Books, 2010
- Brown, Tim, Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation, HarperBusiness, 2009
- IDEO, Human Centered Design Toolkit, IDEO, 2009
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan berbagai metode kajian obyek desain berbasis pendekatan semantika produk secara sistematis (2.3 Experiment)
- Mampu menyampaikan hasil kajian obyek desain menggunakan media visual dengan baik (dimensi 2.4 Explain)
- Mampu mengkaji dan menyesuaikan penyampaian gagasan, konsep, dan/atau hasil kajian obyek desain secara verbal dengan baik (dimensi 2.5 Assess)
- Mampu menyusun hasil kajian semantika produk secara tertulis dengan struktur kalimat yang baik dan mudah dipahami (dimensi 2.6 Plan)
- Mampu melaksanakan proses diskusi dalam kelompok secara mandiri (dimensi 2.5 Assess)
- Mampu merencanakan dan menjalankan tugas kelompok bersama-sama secara bertanggungjawab (dimensi 2.6 Plan)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Role Play & Simulation, Discovery Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project-based Learning | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Case method, team-based project; luring, kelompok; kuliah, responsi, tutorial dan praktik lapangan | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | 10% Kehadiran
30% UTS: proposal project kelompok (teknis & konten/substansi)
20% Presentasi kemajuan project kelompok (perencanaan & perancangan solusi)
40% UAS: kompilasi laporan project tercetak & terjilid (teknis & konten/substansi) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|