Kode Mata Kuliah | DP3243 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 175 - Desain Produk / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Desain Biomimikri | Biomimicry Design |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan Biomimikri
Definisi dan sejarah biomimikri.
Prinsip-prinsip dasar biomimikri.
Pentingnya biomimikri dalam desain dan inovasi.
- Biologi untuk Desainer:
Pengantar biologi yang relevan bagi desainer.
Penelitian tentang bagaimana organisme dan ekosistem alam memecahkan masalah.
- Studi Kasus dan Contoh Aplikasi Biomimikri
Analisis studi kasus dari berbagai pihak yang telah berhasil mengimplementasikan biomimikri.
Aplikasi biomimikri dalam desain, arsitektur, produk industri, teknologi, kesehatan, dan lain-lain.
- Metodologi Biomimikri
Pendekatan sistematis untuk mengamati, memahami, dan menerapkan prinsip-prinsip alam dalam desain.
Langkah-langkah proses desain biomimikri: menemukan inspirasi alam, mengidentifikasi prinsip desain, dan mengimplementasikan dalam solusi desain.
- Observasi dan Inspirasi Alam:
Kegiatan lapangan untuk mengamati alam dan mencari inspirasi desain.
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - (Factual Knowledge - Remember): Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang biologi yang relevan untuk desain, termasuk cara organisme dan ekosistem memecahkan masalah. (Describe 2.1)
- (Conceptual Knowledge - Apply): Mahasiswa mampu mengaplikasikan metodologi sistematis biomimikri dalam proses desain, termasuk menemukan inspirasi alam dan mengidentifikasi prinsip desain yang dapat diterapkan. (Experiment 2.3)
- (Procedural Knowledge - Apply): Mahasiswa mampu melakukan observasi alam untuk mencari inspirasi desain dan mendokumentasikan temuan dengan menggunakan alat dan teknik yang tepat. (Calculate 3.3)
- (Procedural Knowledge - Create): Mahasiswa dapat mengembangkan prototipe desain biomimikri, menguji efektivitasnya, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil pengujian. (Compose 3.6)
- (Procedural Knowledge - Create): Mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, dan menyempurnakan proyek desain biomimikri yang nyata, baik secara individual maupun dalam kelompok. (Plan 2.6)
- (Conceptual Knowledge - Evaluate): Mahasiswa mampu menyusun laporan dan presentasi proyek akhir secara profesional, serta menerima dan memberikan umpan balik konstruktif. (Conclude 3.5)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kombinasi ceramah, diskusi, observasi dan proyek berbasis kelompok | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran, sinkron, dan asinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kehadiran: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%)
Tugas Individu: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (20%).
Tugas Kelompok: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (20%).
Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (25%).
Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (25%). | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|