Kode Mata Kuliah | SI6221 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 250 - Teknik Sipil / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Perbaikan Tanah | Soil Improvement |
---|
Bahan Kajian | - Pengantar dan studi tanah lempung lunak, rawa dan gambut
- Tinjauan kuat geser: jalur tegangan & peningkatan kuat geser tanah (gain strength)
- Perbaikan tanah secara mekanis
- Perbaikan tanah dengan perkuatan struktur (kayu, baja, beton, kolom grout modular, stone column)
- Perbaikan tanah dengan serat sintetis (geosintetik)
- Perbaikan tanah dengan hidraulik dan drainase (vakum & PVD)
- Perbaikan tanah secara kimia (aditif, soil mixing)
- Monitoring perbaikan tanah
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memiliki kemampuan mengembangkan dan terus memperbaharui ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil yang dipilih dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metoda, kaidah ilmiah, disertai keterampilan penerapannya pada kasus-kasus perbaikan tanah (ground improvement)
- Memiliki kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen atau penelitian di bidang Teknik Sipil, melakukan analisis, serta menginterpretasi dan mempresentasikan data untuk kasus-kasus perbaikan tanah
- Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasikan, dan menyelesaikan masalah Teknik Sipil (terutama mendefinisikan ruang lingkup masalah) dalam sistem proses yang kompleks, terutama untuk kasus-kasus perbaikan tanah
- Memiliki kemampuan mengembangkan kinerja profesional yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis masalah, keserbacukupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa, terutama dalam kasus-kasus geoteknik yang membutuhkan perbaikan tanah
- Memiliki kemampuan untuk merancang sistem, proses-proses, ataupun komponen-komponen Teknik Sipil yang kompleks sesuai kebutuhan dengan menggunakan pemahaman ilmu perbaikan tanah
- Memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas mengenai implikasi dari profesi rekayasa sipil dalam konteks global serta berhubungan secara efektif terhadap isu-isu terkini seperti perkembangan teknologi, dampak lingkungan, dan analisis siklus hidup untuk kasus-kasus perbaikan tanah.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kombinasi ceramah, diskusi kelompok, dan studi kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran sinkron dan asinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, Tugas, UTS, UAS | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|