Kode Mata Kuliah | TF7001 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 333 - Teknik Fisika / FTI |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Filsafat Ilmu Pengetahuan | Philosophy of Science |
---|
Bahan Kajian | - Struktur, batas dan wewenang ilmu pengetahuan, agama, teknologi, seni maupun ilmu sosial dan kemasyarakatan. Interaksi antar domainyang mempengaruhi penelitian ilmiah, termasuk kriteria demarkasi, serta pengenalan kecerdasan buatan dan dampaknya pada praktek ilmiah
- Filsafat ilmu, sejarah, dan proses pengembangan ilmu pengetahuan
- Kesamaan dan perbedaan dalam filsafat pengembangan keilmuan
antara hard science, ilmu sosial, seni, dan teknologi, serta pertanyaan dan debat filosofis yang relevan dengan setiap disiplin ilmiah.
- Etika dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Rambu-rambu dan batasan dalam pengembangan kelimuan dalam kaitannya dengan agama dan nilai-nilai kemasyarakatan.
- Metoda pengembangan ilmu pengetahuan berbasis eksperimen, teori ataupun simulasi/berbasis teknologi (termasuk kecerdasan buatan)
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu memahami proses pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi secara benar dengan menjunjung tinggi etika
- Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi melalui riset dengan pendekatan multidisiplin dan integratif, sambil tetap menguasai keahlian dalam disiplin ilmu tertentu.
- Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi yang muncul dan paradigma ilmiah baru, termasuk kecerdasan buatan (AI), serta secara kritis mengevaluasi implikasinya terhadap praktik dan pemahaman ilmu pengetahuan. Mampu mengembangkan pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidangnya yang menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, diskusi, kerja kelompok, kerja mandiri | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Pembelajaran aktif, topik-topik khusus | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian tertulis, karya tulis, presentasi | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|