Kode Mata Kuliah | MR4031 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 144 - Manajemen Rekayasa / FTI |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Perancangan Sistem Jasa | Service System Design |
---|
Bahan Kajian | - Pemahaman konsep dan prinsip perancangan sistem jasa
- Konsep mutu jasa RATER (Reliability, Assurance, Tangible, Emphat, Responsiveness)
- Model mutu KANO
- Pemetaan customer journey dalam sistem jasa berbasis metode service blueprint
- Inovasi eksploitasi sistem jasa
- Inovasi eksploratif sistem jasa
- Pengembangan rencana manajemen perubahan sistem jasa
- Produk-Service System
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar dan prinsip perancangan sistem jasa yang diajarkan dalam kasus-kasus nyata industri.
- Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan prinsip perancangan sistem jasa
- Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan prinsip penentuan mutu sistem jasa berbasis model mutu Parasuraman dan KANO serta mampu menganalisa atribut mutu yang dibutuhkan untuk memperbaiki sistem jasa.
- Mahasiswa mampu memahami konsep costumer journey dalam sistem jasa dan mampu menerapkan analisa permasalahan dan peluang usaha dalam melakukan perbaikan atau inovasi sistem jasa dengan memanfaatkan metode customer journey berbasis metode service blueprint
- Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip inovasi eksploitasi sistem jasa berbasis permasalahan sistem jasa serta mampu menganalisa dan mendesain eksploitasi sistem sistem jasa.
- Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip inovasi eksploratif sistem jasa berbasis permasalahan dan peluang usaha serta mampu menganalisa dan mendesain eksploratif sistem jasa.
- Mahasiswa mampu menyiapkan analisa kelayakan perubahan sistem jasa
- Mahasiswa mampu memahami manajemen perubahan sistem jasa dan mampu mengembangkan rencana manajemen perubahan sistem jasa
- Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip Product-Service System (PSS) dan mampu menganalisa model bisnis, customer journey, dan menentukan indikator kinerja sistem jasa yang relevan dengan kebutuhan penerapan PSS
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah dan diskusi; Tugas terstruktur/latihan soal; Studi kasus; Responsi | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring; Daring Asinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis; UTS; UAS; Tugas | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|