| Kode Mata Kuliah | MB3102 / 4 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 190 - Manajemen / SBM |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Ekonomika | Economics |
|---|
| Bahan Kajian | - Economic Reasoning dan Prinsip Ekonomi
- Terori Permintaan, Penawaran dan Applikasinya
- Theori Produksi dan Biaya
- Struktur Pasar dan Kompetisi
- Game Theory
- Business cycles, Growth, Inflation dan Pengangguran
- Mengukur Perekonomian
- Model Perminataan Aggregat dan Penawaran Aggregat
- Kebijakan Fiskal dan Moneter
- Perdagangan Internasional
- Economic Reasoning and Economic Principles
- Demand and Supply Theory and Applications
- Production and Costs Theory
- Market Structure and Competitions
- Game Theoretical Approach
- Business cycles, Growth, Inflation and Unemployment
- Measuring the Economy
- Aggregate Demand/Aggregate Supply Model
- Fiscal and Monetary Policy
- International Trade
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi pemikiran ekonomi dan prinsip-prinsip ekonomi
- Mampu memahami hukum permintaan dan penawaran dan aplikasinya dalam menghitung elastisitas harga permintaan dan penawaran.
- Mampu memanfaatkan teori produksi dan biaya untuk mencari penggunaan factor produksi yang optimum
- Mampu memanfaatkan konsep market structure dan dapat mengaplikasikannya dalam membuat keputusan produksi untuk maksimisasi profit.
- Mampu melakukan aplikasi persaingan bisnis menggunakan game theory sebagai tools.
- Mampu mengindentifikasi siklus bisnis yang terjadi dan menilai pertumbuhan ekonomi jangka Panjang, menghitung tingkat inflasi dan pengangguran.
- Mampu menghitung perekonomian atau PDB dari suatu negara.
- Mampu menentukan kebijakan fiscal dan kebijakan moneter yang sesuai dengan siklus bisnis dari suatu perkonomian untuk memperbaiki economic outcomes.
- Mampu memahami pentingnya perdagangan internasional dan menggunakan tools untuk mengevaluasi kebijakan perdagangan internasional
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Perkuliahan, simulasi, diskusi kelompok dan kelas | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring, sinkron, mandiri | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Komponen penilaian terdiri dari:
- Tugas Individu dan Keaktifan (10%)
- Tugas Kelompok (10%)
- Kuis (20%)
- UTS (30%)
- UAS (30%) | Komponen penilaian terdiri dari:
- Tugas Individu dan Keaktifan (10%)
- Tugas Kelompok (10%)
- Kuis (20%)
- UTS (30%)
- UAS (30%) |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|