Kode Mata KuliahOS2002 / 2 SKS
Penyelenggara129 - Oseanografi / FITB
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEkowisata BahariMarine Ecotourism
Bahan Kajian
  1. Definisi dan teori ekowisata bahari
  2. Isu dan tantangan dalam ekowisata bahari
  3. Potensi ekowisata bahari
  4. Jenis-jenis ekowisata bahari
  5. Parameter Oseanografi  dalam ekowisata bahari
  6. Metode penilaian lokasi ekowisata bahari
  7. Ancaman bencana alam dalam ekowisata bahari
  8. Kegiatan lapangan/ekskursi
  9. Proyek/Studi Kasus
  1. Definition and theory of marine ecotourism
  2. Issues and challenges in marine ecotourism
  3. Marine ecotourism potential
  4. Types of marine ecotourism
  5. Oceanographic parameters in marine ecotourism
  6. Marine ecotourism site assessment methods
  7. The threat of natural disasters in marine ecotourism
  8. Field activities/excursions
  9. Project/Case Study
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan defenisi, teori dasar dan jenis ekowisata bahari
  2. Mampu menjelaskan isu, tantangan, ancaman bencana alam dan potensi dalam ekowisata bahari
  3. Mampu menjelaskan parameter oseanografi dan contoh yang digunakan dalam kajian ekowisata bahari di Indonesia dan negara lain
  4. Mampu menjelaskan dan mendesain secara sederhana kegiatan lapangan pengukuran parameter dasar dan lingkungan laut ekowisata bahari
  5. Mampu menilai dan menginterpretasi hasil pengolahan data lapangan
  6. Mampu berkomunikasi secara intra dan interpersonal secara efektif dalam kerja mandiri dan kelompok, melakukan wawancara dan membuat laporan dalam kegiatan lapangan
  1. Able to explain the definition, basic theory and types of marine ecotourism
  2. Able to explain issues, challenges, threats of natural disasters and potential in marine ecotourism
  3. Able to explain oceanographic parameters and examples used in marine ecotourism studies in Indonesia and other countries
  4. Able to explain and design simple field activities for measuring basic parameters and marine environments for marine ecotourism.
  5. Able to assess and interpret the results of field data processing
  6. Able to communicate effectively intra and interpersonally in independent and group work, conduct interviews and make reports in field activities
Metode PembelajaranLCL: KBL, SBL SCL: PBL, CBLLCL: KBL, SBL SCL: PBL, CBL
Modalitas PembelajaranLuring, Daring, Sinkron, AsinkronOffline, Online, Synchronous, Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTertulis: Uraian Lisan: Presentasi Tugas: Laporan, PraktikWritten exam: Description Oral exam: Presentation Task: Report, Practice
Catatan Tambahan