Kode Mata Kuliah | KI5014 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 205 - Kimia / FMIPA |
---|
Kategori | Tugas Akhir / Tesis / Disertasi |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Proposal dan Penelitian Pendahuluan | Proposal and Preliminary Research |
---|
Bahan Kajian | - Studi literatur dan penyusunan proposal
- Penelitian pendahuluan dan evaluasi di kelompok penelitian
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - CPMK 1.1: Menerapkan prinsip atau teori untuk penyelesaian masalah pada sub-bidang yang dipilihnya (C4 analisis)
CPMK 1.2: Mengintegrasikan beberapa prinsip atau teori untuk penyelesaian masalah pada sub-bidang yang dipilihnya (C5 evaluasi)
CPMK 1.3: Menganalisis permasalahan kimia untuk pengembangan keilmuan sub-bidang kimia.(C4 analisis)
CPMK 1.4: Menyusun hipotesis dan merancang metodologi penelitian yang sesuai.(C5 evaluasi)
- CPMK 2.1: Menerapkan dan/atau memodifikasi prosedur kerja laboratorium yang tepat (C4 analisis)
CPMK 2.2: Mengelola prosedur kerja laboratorium yang aman (C4 analisis)
CPMK 2.3: Mengolah, menganalisis dan mengevaluasi data (C5 evaluasi)
- CPMK 3.1: Mencari dan memilah informasi kimia secara kritis dengan memanfaatkan teknologi informasi C3 (Menerapkan)
CPMK 3.2: Menelaah dan mengintegrasikan informasi kimia dalam dokumen ilmiah C4 (Analisis)
- CPMK 4.1: Mengelola kegiatan penelitian secara mandiri (C4 Analisis)
CPMK 4.2: Mengelola kegiatan penelitian secara berkelompok (C4 Analisis)
- CPMK 5.1: Mempresentasikan dokumen ilmiah secara lisan dan/atau visual (C4 Analisis)
CPMK 5.2: Membuat karya ilmiah dalam bentuk laporan, tesis dan publikasi ilmiah C6 (Sintesis)
- CPMK 6.1: Memberikan kontribusi pada penyelesaian permasalahan kimia di masyarakat secara bertanggungjawab dan beretika (output: jadi narasumber dalam berbagai forum; menjadi teladan di lab) C5 (Evaluasi)
CPMK 6.2: Menerapkan kode etik keilmuan dalam pelaksanaan kegiatan ilmiah
C3 (Menerapkan).
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi interaktif. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, Sinkron
Daring, Sinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Penilaian ditentukan berdasarkan indikator kinerja tiap PLO/CP berikut: PLO/CP-1: 1.1 Menerapkan prinsip atau teori untuk penyelesaian masalah pada sub-bidang yang dipilihnya 1.2 Mengintegrasikan beberapa prinsip atau teori untuk penyelesaian masalah pada sub-bidang yang dipilihnya 1.3 Menganalisis permasalahan kimia untuk pengembangan keilmuan sub-bidang kimia. 1.4 Menyusun hipotesis dan merancang metodologi penelitian yang sesuai. PLO/CP-2: 2.1 Menerapkan dan/atau memodifikasi prosedur kerja laboratorium yang tepat 2.2 Mengelola prosedur kerja laboratorium yang aman 2.3 Mengolah, menganalisis dan mengevaluasi data PLO/CP-3: 3.1 Mencari dan memilah informasi kimia secara kritis dengan memanfaatkan teknologi informasi 3.2 Menelaah dan mengintegrasikan informasi kimia dalam dokumen ilmiah PLO/CP-4: 4.1 Mengelola kegiatan penelitian secara mandiri 4.2 Mengelola kegiatan penelitian secara berkelompok PLO/CP-5: 5.1 Mempresentasikan dokumen ilmiah secara lisan dan/atau visual PLO/CP-6: 6.1 Memberikan kontribusi pada penyelesaian permasalahan kimia di masyarakat secara bertanggungjawab dan beretika (output: jadi narasumber dalam berbagai forum; menjadi teladan di lab) 6.2 Menerapkan kode etik keilmuan dalam pelaksanaan kegiatan ilmiah Penilaian Kuliah: Mahasiswa yang telah menyusun proposal sesuai aturan dan melaporkan hasil penelitian pendahuluan secara tepat waktu layak mendapat nilai A. Untuk mahasiswa yang melaporkan tidak tepat waktu disarankan mendapat nilai AB dan jika hanya melaporkan proposal saja mendapat nilai sekurang-kurangnya B. | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|