Kode Mata Kuliah | TA5115 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 221 - Rekayasa Pertambangan / FTTM |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pemboran Eksplorasi & Penampangan Lubang Bor | Exploration Drilling & Drill Hole Cross-Section |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan
- Dasar-Dasar Pemboran
- Peralatan dan Metode Pemboran
- Fluida bor dan Grouting, Sampling dan Pemboran Inti
- Core dan Sludge
- Drilling Aluvial dan Laut Dalam
- Penanganan Masalah Pemboran
- Posisi Pemboran
- Reklamasi dari Operasi Pemboran
- Proposal Projek
- Presentasi Tugas
- Pengantar Well Logging
- Integrasi dengan Data Survey Lapangan (Geologi, Geokimia, Geofisika) dan Pengolahan Database
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu memahami sistem utama pemboran dalam eksplorasi dan material dimana hasil pemboran tersebut digunakan untuk menjadi dasar interpetasi khususnya untuk tujuan geologi dan eksplorasi; memilih dan menggunakan metode pemboran yang tepat untuk eksplorasi sumberdaya bumi dengan target tertentu; pemilihan peralatan pemboran yang tepat sesuai dengan kondisi lapangan.
- Mahasiswa mampu melakukan pemilihan metode fluida bor yang tepat, menghitung viskositas dan mampu melakukan perhitungan grouting dan metodenya; menguasai berbagai aplikasi penggunaan citra multispektra dalam rentang spektrum visible–shortwave infrared pada eksplorasi sumberdaya bumi; mampu menganalisis core dan sludge; serta mempersiapkan pemboran di aluvial dan cara pengambilan sampel dan analisanya.
- Mahasiswa memahami dan menguasai prinsip dasar penanganan masalah pemboran; mampu melakukan analisa kebutuhan well pad yang aman dan peletakn rig yang aman; cara reklamasi di lokasi bekas pemboran; kegunaan pemboran dalam perhitungan cadangan termasuk kendala dan keberhasilannya;
- Mahasiswa menguasai jenis well logging; mampu memilih metode logging yang paling cocok dengan lokasi yang ada; serta menggunakan data lapangan dan mengkorelasikannya dengan data pemboran serta mengolahnya dalam sistem informasi geografi.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas 30%, UTS 35%, UAS 35%, Kunjungan Lapangan 10%. | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|