Kode Mata KuliahET1203 / 3 SKS
Penyelenggara181 - Teknik Telekomunikasi / STEI
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPemrogramanProgramming
Bahan Kajian
  1. Komunikasi lisan
  2. Desain Rekayasa
  3. Algoritma dan pemrograman
  4. Struktur data
  1. Verbal communication
  2. Engineering Design
  3. Algorithms and programming
  4. Data structure
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Kemampuan untuk menerapkan hubungan ilmiah dan matematis (prinsip atau hukum) dan masukan yang diperlukan untuk algoritma dan pemrograman
  2. Kemampuan menganalisis masalah / mengidentifikasi peluang untuk menghasilkan desain berdasarkan simulasi dan pemodelan di dalam batasan-batasan yang realistis.
  3. Kemampuan mengidentifikasi batasan untuk menghasilkan persyaratan desain pada simulasi dan pemodelan
  4. Kemampuan menggunakan alat yang tepat untuk menganalisis data dan memverifikasi data eksperimen berdasarkan simulasi dan pemodelan
  5. Kemampuan mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan teknik mengenai struktur data
  6. Kemampuan menggunakan piranti teknik modern untuk menyelesaikan permasalahan teknik mengenai struktur data
  7. Kemampuan mempresentasikan ide secara efektif melalui penulisan teknik berkaitan dengan algoritma dan pemrograman
  1. An ability to apply knowledge of mathematics, natural and/or materials sciences, information technology and engineering to acquire comprehensive understanding of algorithm and programming
  2. An ability to analyze problems / identify opportunities to produce designs based on simulation and modeling within realistic constraints.
  3. An ability to identify constraints to generate design requirements in simulation and modeling
  4. An ability to use appropriate tools to analyze data and verify experimental data based on simulation and modeling
  5. An ability to identify and formulate technical problems regarding data structures
  6. An ability to use modern engineering tools to solve technical problems regarding data structures
  7. An ability to present ideas effectively through technical writing related to algorithms and programming
Metode PembelajaranCeramah Diskusi kelompok Pembelajaran berbasis Masalah/Studi KasusLecture Group discussion Problem/Case Study based learning
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron Daring Asinkron BauranSynchronous Offline Asynchronous Online Hybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKuis, UTS, UASQuiz, Midtest, Final Test
Catatan Tambahan