Kode Mata Kuliah | EL4002 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 132 - Teknik Elektro / STEI |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Mikroelektronika RF | RF Microelectronics |
---|
Bahan Kajian | - Pengantar Teknologi RF dan Nirkabel
- Konsep Dasar dalam Desain RF
- Konsep Komunikasi
- Arsitektur Transceiver
- Penguat Derau Rendah
- Mixer
- Perangkat Pasif
- Oscillators
- Phase Lock Loop
- Sintesis Frekuensi Integer-N
- Synthesizer Fractional-N
- Penguat Daya
- Contoh Desain Transceiver
| - Introduction to RF and Wireless Technology
- Basic Concepts in RF Design
- Communication Concepts
- Transceiver Architecture
- Low Noise Amplifier
- Mixers
- Passive Devices
- Oscillators
- Phase Lock Loop
- Integer-N Frequency Synthesizers
- Fractional-N Synthesizers
- Power Amplifier
- Transceiver Design Example
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Dapat melakukan evaluasi karakteristik perangkat untuk mencapai spesifikasi kompetitif.
- Dapat memahami hubungan dan keterbatasan topologi sirkuit dasar RF dan berbagai cara untuk memperbaikinya.
- Dapat mengevaluasi dan merancang rangkaian praktis untuk RFIC dari pendekatan intuitif berdasarkan pemahaman mendasar yang mendalam.
- Dapat menuliskan laporan evaluasi dan perancangan rangkaian praktis untuk perangkat RF.
| - Able to evaluate the characteristics of the device to achieve competitive specifications.
- Able to understand the relationships and limitations of RF basic circuit topologies and various ways to improve them.
- Able to evaluate and design practical circuits for RFICs from an intuitive approach based on a deep fundamental understanding.
- Able to write evaluation reports and design practical circuits for RF devices.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi, Belajar Mandiri | Lectures, Discussions, Independent Study |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, Daring, Bauran | Offline, Online, Hybrid |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | PR, Kuis, Ujian | Homework, Quiz, Exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|