Kode Mata Kuliah | FA5015 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 207 - Farmasi / SF |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metode Enzimologi | Enzymology Methods |
---|
Bahan Kajian | - Struktur dan fungsi enzim, metodologi riset biokimia enzim.
- Biosintesis enzim, perubahan struktur protein dan modifikasi pasca translasi.
- Metodologi biokimia dan mekanisme reaksi enzimatik.
- Teknis bioanalisis dan berbagai penggunaan enzim dalam diagnosis penyakit dan bioproses.
| - Structure and function of enzymes, biochemical enzyme research methodology.
- Enzyme biosynthesis, protein structural changes, and post-translational modifications.
- Biochemical methodology and mechanisms of enzymatic reactions.
- Bioanalytical techniques and various uses of enzymes in disease diagnosis and bioprocessing.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan prinsip dasar metode enzimologi dan perannya dalam riset biokimia.
- Mampu menjelaskan konsep dasar enzim, termasuk biosintesis, mekanisme kerja, dan perubahan struktur.
- Mampu menyelesaikan masalah yang kompleks terkait penggunaan enzim dan metode enzimologi untuk mengatasipermasalahan yang ada dalam penelitian.
- Mampu merancang eksperimen yang terkait dengan penggunaan enzim dalam diagnose penyakit dan bioproses.
- Mampu menginterpretasikan data hasil eksperimen dan membuat keismpulan dari hasil analisis data.
- Mampu berpartisipasi secara aktif dalam diskusi ilmiah.
- Mampu mengkomunikasikan berbagai tugas yang diberikan baik lisan maupun tulisan.
| - Able to explain the basic principles of enzymology methods and their role in biochemical research.
- Able to explain the basic concepts of enzymes, including biosynthesis, mechanisms of action, and structural changes.
- Able to solve complex problems related to the use of enzymes and enzymology methods to address issues in research.
- Able to design experiments related to the use of enzymes in disease diagnosis and bioprocessing.
- Able to interpret experimental data and draw conclusions from data analysis.
- Able to actively participate in scientific discussions.
- Able to communicate assigned tasks both orally and in writing.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, diskusi, kerja mandiri | lecture, discussion, independent assignment |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual dan auditori yang dilaksanakan secara sinkron maupun asinkron | visual, auditorial, synchronous, asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian tertulis dan presentasi | writing exam, presentation |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|