Kode Mata Kuliah | SA6068 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 258 - Pengelolaan Sumberdaya Air (PSDA) / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Studi Mandiri Independen Rekayasa Sungai | Independent Study in River Engineering |
---|
Bahan Kajian | - Konservasi SDA
- Sistem informasi SDA
- Daya rusak air
- Risiko
- Optimasi
- Berpikir kritis, penyelesaian masalah, pengambilan keputusan
- Pembelajaran sepanjang hayat
- Sikap profesional dan tanggung jawab etik
- Kebijakan Publik
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menerapkan ilmu pengetahuan dalam memahami dan memecahkan masalah terkait sumber daya air
- Menerapkan prinsip-prinsip rekayasa dalam menyelesaikan permasalahan sumber daya air
- Mendeskripsikan beberapa metodologi untuk mendapatkan / memperoleh data
- Menganalisis data hasil eksperimen dalam mengidentifikasi dan memahami permasalahan sumber daya air.
- Menginterpretasikan data eksperimen dalam memberikan solusi yang tepat terkait permasalahan sumber daya air.
- Menentukan teknik dan alat yang relevan dalam melakukan tugas yang spesifik terkait permasalahan sumber daya air
- Menggunakan peralatan modern dalam pengembangan model matematika, pengukuran data dan analisisnya
- Kemampuan untuk memilih sistem atau komponen sumber daya air yang kreatif dan inovatif.
- Menerapkan prinsip-prinsip etika dalam setiap keputusan rekayasa sumber daya air
- Menerapkan etika dan standar profesional dalam memperoleh, melaporkan dan menganalisis data.
- Mengidentifikasi konteks sosial, ekonomi, lingkungan, dan global dalam permasalahan sumber daya air
- Mempertimbangkan masalah sosial, ekonomi, lingkungan dan global dalam solusi permasalahan sumber daya air
- Mengorganisasi dan menyintesiskan kenyataan, formulasi, dan teori dari isu-isu terkini dalam satu pemahaman yang komprehensif
- Menggunakan perpustakaan daring dalam melakukan kegiatan riset
- Mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran sepanjang hayat untuk terus mengembangkan keahlian dalam bidang sumber daya air.
- Membuat presentasi yang informatif dan menarik secara visual
- Menggunakan bahasa dan tata bahasa yang baik termasuk penggunaan persamaan matematika dan ilustrasinya
- Melakukan argumentasi yang persuasif, masuk akal, dan didukung oleh bukti untuk mendukung suatu pernyataan atau tesis
- Mampu untuk mengelola pekerjaan dan proyek sumber daya air dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan.
- Mengintegrasikan elemen pengelolaan konstruksi dalam proyek-proyek sumber daya air
- Mengelola aset yang terkait dengan sumber daya air secara efisien.
- Menganalisis kebijakan dan kelembagaan pengelolaan sumber daya air berdasarkan analisis yang komprehensif
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kombinasi pembelajaran kolaboratif
Diskusi kelompok
Analisis studi kasus
Pembelajaran berbasis proyek | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring / Sinkron / Kelompok / Mandiri | |
---|
Jenis Nilai | Pass/Fail |
---|
Metode Penilaian | Pass/Fail | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|