Kode Mata KuliahII5053 / 4 SKS
Penyelenggara282 - Sistem dan Teknologi Informasi / STEI
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSains dan Teknologi LayananService Science and Technology
Bahan Kajian
  1. Konsep dasar sains dan teknologi layanan.
  2. Studi kasus penerapan komputasi berorientasi layanan.
  1. Basic concepts of service science and technology.
  2. Case study of service-oriented computing implementation.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menganalisis peningkatan kualitas sistem komputasi berorientasi layanan, terutama yang terkait dengan permasalahan otomasi dan peningkatan kinerja sistem yang didukung oleh teknologi komputasi berorientasi layanan.
  2. Menganalisis perkembangan terakhir disiplin dan penelitian di area komputasi berorientasi layanan untuk menghasilkan solusi riset dan pengembangan dalam disiplin ilmu yang terus berkembang.
  3. Menganalisis disiplin sains dan teknologi layanan yang diperlukan dalam membangun dan mengelola sistem komputasi berorientasi layanan yang optimal.
  1. Analyze the improvement of the quality of service-oriented computing systems, especially those related to automation issues and improving system performance supported by service-oriented computing technology.
  2. Analyze the latest developments in disciplines and research in the area of service-oriented computing to generate research and development solutions in this ever-evolving discipline.
  3. Analyze the service science and technology disciplines required in building and managing optimal service-oriented computing systems.
Metode PembelajaranKuliah, Diskusi, Studi KasusLecture, Discussion, Case study
Modalitas PembelajaranLuring/ bauran sinkron, Daring asinkronSynchronous offline/ hybrid, Asynchronous online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas, UjianAssignments, Exams
Catatan Tambahan