Kode Mata KuliahTC5106 / 3 SKS
Penyelenggara279 - Teknokultur / SPS
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknolinguistikTechnolinguistics
Bahan Kajian
  1. Hubungan kompleks antara teknologi, bahasa, dan budaya dalam masyarakat kontemporer.
  2. Bagaimana perkembangan teknologi membentuk praktik linguistik, pola komunikasi, dan proses pembentukan makna.
  3. Bagaimana bahasa membangun pemahaman tentang teknologi.
  4. Interface tekno-linguistik yang mengkonfigurasi ulang kognisi manusia, identitas, dan organisasi sosial.
  1. The complex relationship between technology, language and culture in contemporary society.
  2. How technological developments shape linguistic practices, communication patterns, and meaning-making processes.
  3. How language builds understanding of technology.
  4. Techno-linguistic interfaces that reconfigure human cognition, identity, and social organization.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menganalisis kerangka teoritis yang mengonseptualisasikan hubungan antara teknologi dan bahasa
  2. Mengkritisi cara teknologi memediasi praktik linguistik di berbagai konteks dan platform
  3. Mengevaluasi implikasi etis dari kontrol teknologi terhadap bahasa dan wacana
  4. Menerapkan teori-teori kunci pada studi kasus kontemporer komunikasi teknologi
  5. Mengembangkan penelitian asli yang berkontribusi pada beasiswa di bidang teknolinguistik
  1. Analyze the theoretical frameworks that conceptualize the relationship between technology and language.
  2. Criticize the ways technology mediates linguistic practices across various contexts and platforms.
  3. Evaluate the ethical implications of technological control over language and discourse
  4. Apply key theories to contemporary case studies of technological communication
  5. Develop original research that contributes to scholarship on technolinguistics
Metode PembelajaranKuliah, diskusi kelompok, workshop, tugas individu, proyek kelompok, presentasi hasil proyek.Lectures, group discussions, workshops, individual assignments, group projects, presentations of project results.
Modalitas PembelajaranLuring sinkron, daring sinkron, daring asinkron, LMS (Learning Management System).Synchronous offline, synchronous online, asynchronous online, LMS (Learning Management System).
Jenis NilaiABCDE
Metode Penilaian• Partisipasi dan keterlibatan: 15% • Respons bacaan (mingguan): 15% • Proposal proyek tengah semester: 10% • Presentasi dan makalah tengah semester: 25% • Abstrak dan outline proyek akhir: 10% • Presentasi dan makalah proyek akhir: 25%• Participation and engagement: 15% • Reading responses (weekly): 15% • Midterm project proposal: 10% • Midterm presentation and paper: 25% • Final project abstract and outline: 10% • Final project presentation and paper: 25%
Catatan Tambahan