| Kode Mata Kuliah | TC5105 / 2 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 279 - Teknokultur / SPS |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Psikoteknologi | Psychotechnology |
|---|
| Bahan Kajian | - Interrelasi kompleks antara proses psikologis, sistem teknologi, dan praktik budaya.
- Bagaimana teknologi membentuk kognisi, emosi, dan identitas manusia.
- Cara prinsip psikologis menginformasikan desain dan penggunaan teknologi di berbagai konteks budaya.
- Dimensi psikologis dari pengalaman yang semakin dimediasi teknologi.
- Dampak psikologis teknologi historis dan yang sedang berkembang.
| - The complex interrelationship between psychological processes, technological systems, and cultural practices.
- How technology shapes human cognition, emotion, and identity.
- How psychological principles inform the design and use of technology across cultural contexts.
- The psychological dimensions of increasingly technologically mediated experiences.
- The psychological impact of historical and emerging technologies.
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menganalisis efek psikologis sistem teknologi pada kognisi, perilaku, dan identitas manusia
- Menerapkan teori kritis untuk menafsirkan implikasi budaya dari perkembangan psikoteknologi
- Mengevaluasi bagaimana teknologi berfungsi sebagai ekstensi, manipulasi, atau transformasi proses psikologis
- Mengembangkan penelitian orisinal yang berkontribusi pada pemahaman psikoteknologi dalam masyarakat kontemporer
- Mengartikulasikan kerangka etis untuk menangani dimensi psikologis desain dan implementasi teknologi
| - Analyze the psychological effects of technological systems on human cognition, behavior, and identity.
- Apply critical theories to interpret the cultural implications of psychotechnological developments
- Evaluate how technologies function as extensions, manipulations, or transformations of psychological processes
- Develop original research that contributes to understanding psychotechnology in contemporary society
- Articulate ethical frameworks for addressing the psychological dimensions of technological design and implementation
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Seminar 3 jam mingguan, diskusi yang dipimpin mahasiswa, presentasi, workshop penelitian, analisis kasus, proyek kreatif dengan komponen analitis. | Weekly 3-hour seminars, student-led discussions, presentations, research workshops, case analysis, creative projects with analytical components. |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring sinkron, daring sinkron, daring asinkron, LMS, akses laboratorium penelitian digital. | Synchronous offline, synchronous online, asynchronous online, LMS, digital research lab access. |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | • Makalah respons mingguan: 30%
• Partisipasi seminar: 15%
• Proposal penelitian tengah semester: 20%
• Proyek penelitian akhir: 35% | • Weekly response papers: 30%
• Seminar participation: 15%
• Midterm research proposal: 20%
• Final research project: 35% |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|