Kode Mata KuliahTC5105 / 2 SKS
Penyelenggara279 - Teknokultur / SPS
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPsikoteknologiPsychotechnology
Bahan Kajian
  1. Interrelasi kompleks antara proses psikologis, sistem teknologi, dan praktik budaya.
  2. Bagaimana teknologi membentuk kognisi, emosi, dan identitas manusia.
  3. Cara prinsip psikologis menginformasikan desain dan penggunaan teknologi di berbagai konteks budaya.
  4. Dimensi psikologis dari pengalaman yang semakin dimediasi teknologi.
  5. Dampak psikologis teknologi historis dan yang sedang berkembang.
  1. The complex interrelationship between psychological processes, technological systems, and cultural practices.
  2. How technology shapes human cognition, emotion, and identity.
  3. How psychological principles inform the design and use of technology across cultural contexts.
  4. The psychological dimensions of increasingly technologically mediated experiences.
  5. The psychological impact of historical and emerging technologies.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menganalisis efek psikologis sistem teknologi pada kognisi, perilaku, dan identitas manusia
  2. Menerapkan teori kritis untuk menafsirkan implikasi budaya dari perkembangan psikoteknologi
  3. Mengevaluasi bagaimana teknologi berfungsi sebagai ekstensi, manipulasi, atau transformasi proses psikologis
  4. Mengembangkan penelitian orisinal yang berkontribusi pada pemahaman psikoteknologi dalam masyarakat kontemporer
  5. Mengartikulasikan kerangka etis untuk menangani dimensi psikologis desain dan implementasi teknologi
  1. Analyze the psychological effects of technological systems on human cognition, behavior, and identity.
  2. Apply critical theories to interpret the cultural implications of psychotechnological developments
  3. Evaluate how technologies function as extensions, manipulations, or transformations of psychological processes
  4. Develop original research that contributes to understanding psychotechnology in contemporary society
  5. Articulate ethical frameworks for addressing the psychological dimensions of technological design and implementation
Metode PembelajaranSeminar 3 jam mingguan, diskusi yang dipimpin mahasiswa, presentasi, workshop penelitian, analisis kasus, proyek kreatif dengan komponen analitis.Weekly 3-hour seminars, student-led discussions, presentations, research workshops, case analysis, creative projects with analytical components.
Modalitas PembelajaranLuring sinkron, daring sinkron, daring asinkron, LMS, akses laboratorium penelitian digital.Synchronous offline, synchronous online, asynchronous online, LMS, digital research lab access.
Jenis NilaiABCDE
Metode Penilaian• Makalah respons mingguan: 30% • Partisipasi seminar: 15% • Proposal penelitian tengah semester: 20% • Proyek penelitian akhir: 35%• Weekly response papers: 30% • Seminar participation: 15% • Midterm research proposal: 20% • Final research project: 35%
Catatan Tambahan