Kode Mata KuliahTC5110 / 3 SKS
Penyelenggara279 - Teknokultur / SPS
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknoreligion: Teknologi, Spiritualitas & Transformasi BudayaTechnoreligion: Technology, Spirituality & Cultural Transformation
Bahan Kajian
  1. Interseksi kompleks antara teknologi, praktik keagamaan, sistem kepercayaan spiritual, dan transformasi budaya.
  2. Bagaimana perkembangan teknologi secara historis mempengaruhi dan dipengaruhi oleh pemikiran keagamaan
  3. Cara teknologi digital mengubah praktik spiritual kontemporer
  4. Munculnya sistem kepercayaan yang berpusat pada teknologi di abad ke-21
  1. The complex intersection of technology, religious practices, spiritual belief systems, and cultural transformation.
  2. How technological developments have historically influenced and been influenced by religious thought
  3. How digital technology is transforming contemporary spiritual practices
  4. The emergence of technology-centered belief systems in the 21st century
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menganalisis hubungan historis antara perkembangan teknologi dan transformasi keagamaan
  2. Mengevaluasi secara kritis bagaimana teknologi digital mengubah praktik spiritual kontemporer
  3. Mengidentifikasi dan berteori tentang sistem kepercayaan yang berpusat pada teknologi dan implikasi sosialnya
  4. Menerapkan kerangka teoritis interdisipliner untuk memahami fenomena tekno-religius
  5. Mengembangkan penelitian orisinal yang menyelidiki interseksi teknologi dan agama
  1. Analyze the historical relationship between technological development and religious transformation.
  2. Critically evaluate how digital technologies are reshaping contemporary spiritual practices.
  3. Identify and theorize emerging technology-centered belief systems and their social implications
  4. Apply interdisciplinary theoretical frameworks to understand techno-religious phenomena.
  5. Develop original research investigating the intersection of technology and religion.
Metode PembelajaranSeminar bergaya diskusi, presentasi mahasiswa, kuliah tamu dari studi agama, etika teknologi, antropologi digital, komponen penelitian lapangan dengan kunjungan situs, proyek penelitian akhir dengan presentasi.Discussion-style seminars, student presentations, guest lectures from religious studies, ethics of technology, digital anthropology, field research component with site visits, final research project with presentation.
Modalitas PembelajaranLuring sinkron, daring sinkron, daring asinkron, LMS, kunjungan lapangan, etnografi virtual.Synchronous offline, synchronous online, asynchronous online, LMS, field trips, virtual ethnography.
Jenis NilaiABCDE
Metode Penilaian• Respons bacaan mingguan: 20% • Proyek penelitian lapangan: 25% • Fasilitasi kelas: 15% • Proyek penelitian akhir: 40%• Weekly reading response: 20% • Field research project: 25% • Class facilitation: 15% • Final research project: 40%
Catatan Tambahan