| Kode Mata Kuliah | TC5111 / 2 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 279 - Teknokultur / SPS |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Teknospasial | Technospaces |
|---|
| Bahan Kajian | - Hubungan kompleks antara teknologi, ruang, dan perwujudan dalam masyarakat kontemporer
- Bagaimana teknologi memproduksi, memediasi, dan mentransformasi ruang yang kita huni
- Analisis ruang dari lingkungan perkotaan dan bentuk arsitektural hingga dunia virtual dan jaringan digital
- Cara kekuasaan beroperasi melalui ruang teknologi dan bagaimana tubuh dikonfigurasi dalam ruang-ruang ini
- Kemungkinan resistensi dalam konteks teknospasial.
- Isu surveilans, pembentukan identitas, dan politik desain teknologi
| - The complex relationship between technology, space and embodiment in contemporary society
- How technology produces, mediates, and transforms the spaces we inhabit
- Spatial analysis from urban environments and architectural forms to virtual worlds and digital networks
- How power operates through technological spaces and how bodies are configured within these spaces
- The possibility of resistance in a technospatial context.
- Issues of surveillance, identity formation, and the politics of technology design
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menerapkan kerangka teoritis untuk menganalisis dimensi spasial teknologi
- Mengartikulasikan bagaimana ruang fisik dan virtual diproduksi secara sosial melalui praktik teknologi
- Mengevaluasi secara kritis bagaimana kekuasaan beroperasi melalui infrastruktur teknologi
- Menganalisis hubungan antara tubuh, identitas, dan ruang teknologi
- Mengembangkan penelitian orisinal yang menerapkan teori spasial pada kasus teknologi kontemporer
- Merumuskan perspektif etis tentang desain dan implementasi ruang teknologi
| - Apply theoretical frameworks to analyze the spatial dimensions of technology
- Articulate how physical and virtual spaces are socially produced through technological practices
- Critically evaluate how power operates through technological infrastructure
- Analyze the relationship between bodies, identities, and technological spaces
- Develop original research applying spatial theory to contemporary
- Formulate ethical perspectives on the design and implementation of technological spaces
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Seminar pascasarjana, analisis kasus spasial, workshop pemetaan, kunjungan lapangan, presentasi mahasiswa, diskusi teoritis, analisis infrastruktur teknologi | Postgraduate seminar, spatial case analysis, mapping workshop, field visits, student presentations, theoretical discussions, technology infrastructure analysis |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring sinkron, daring sinkron, daring asinkron, LMS, kunjungan situs teknologi, alat visualisasi data, platform geografi digital | Synchronous offline, synchronous online, asynchronous online, LMS, technology site visits, data visualization tools, digital geography platforms |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | • Makalah respons kritis mingguan: 20%
• Presentasi/kepemimpinan diskusi di kelas: 15%
• Proyek tengah semester: Analisis spasial sistem teknologi: 25%
• Makalah penelitian akhir: 30%
• Partisipasi kelas: 10% | • Weekly critical response paper: 20%
• Class presentation/discussion leadership: 15%
• Midterm project: Spatial analysis of technological systems: 25%
• Final research paper: 30%
• Class participation: 10% |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|