| Kode Mata Kuliah | TC5114 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 279 - Teknokultur / SPS |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Teknoestetik: Teknologi, Seni, dan Ekspresi Budaya | Techno-aesthetics: Technology, Art, and Cultural Expression |
|---|
| Bahan Kajian | - Interseksi teknologi, seni, dan budaya.
- Bagaimana perkembangan teknologi membentuk praktik estetik.
- Cara estetika menginformasikan desain teknologi dan respons budaya
- Ko-evolusi estetika dan teknologi dalam berbagai media, periode historis, dan konteks budaya.
- Bagaimana inovasi teknologi mentransformasi ekspresi artistik.
- Cara kepedulian estetik membentuk perkembangan teknologi.
| - The intersection of technology, art, and culture.
- How technological developments shape aesthetic practices.
- How aesthetics inform technology design and cultural responses
- The co-evolution of aesthetics and technology across media, historical periods, and cultural contexts.
- How technological innovation is transforming artistic expression.
- How aesthetic concerns shape technological development.
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menganalisis hubungan antara inovasi teknologi dan ekspresi estetik
- Menerapkan kerangka kritis untuk mengevaluasi fenomena tekno-estetik
- Mengartikulasikan bagaimana mediasi teknologi mentransformasi produksi dan resepsi budaya
- Mengembangkan penelitian orisinal yang menangani isu tekno-estetik kontemporer
- Menciptakan respons kritis atau kreatif yang terinformasi terhadap praktik tekno-estetik
| - Analyze the relationship between technological innovation and aesthetic expression
- Apply critical frameworks to evaluate techno-aesthetic phenomena
- Articulate how technological mediation transforms cultural production and reception
- Develop original research addressing contemporary techno-aesthetic issues
- Create informed critical or creative responses to techno-aesthetic practices
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Diskusi bergaya seminar, workshop, kuliah tamu, presentasi mahasiswa, eksperimen kreatif, analisis visual, kerja lapangan digital | Seminar-style discussions, workshops, guest lectures, student presentations, creative experiments, visual analysis, digital fieldwork |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring sinkron, daring sinkron, daring asinkron, LMS, akses Digital Media Lab, perpustakaan koleksi khusus | Synchronous offline, synchronous online, asynchronous online, LMS, Digital Media Lab access, special collections library |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | • Partisipasi: 15%
• Respons bacaan: 20%
• Proyek tengah semester: 25%
• Proyek akhir: 40% | • Participation: 15%
• Reading response: 20%
• Midterm project: 25%
• Final project: 40% |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|